Macam-macam pengumpulan data dan kutipan

Macam-macam pengumpulan data dan kutipan

Secara sederhana, pengumpulan data diartikan sebagai proses atau kegiatan yang dilakukan peneliti untuk mengungkap atau menjaring berbagai fenomena, informasi atau kondisi lokasi penelitian sesuai dengan lingkup penelitian Ada macam-macam cara yang dapat dipergunakan untuk mengumpulkan data,serta Cara-cara tersebut adalah mengadakan Wawancara dan angket, mengadakan observasi dan penelitian lapangan , tes, dokumen.

  1. Wawancara dan Angket

Wawancara atau interview adalah suatu cara untuk mengumpulkan data mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informasi atau seorang autoritas. Pertanyaan-Pertanyaan yang diajukan biasanya disiapkan terlebih dahulu yang diarahkan kepada informasi-informasi untuk topik yang akan digarap. Dalam mempergunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan penannya tidak semata-mata tergantung dari pertanyaan – pertanyaaan yang telah disiapkan itu. Bila ada informasi yang menarik dan perlu diketahui lebih lanjut, maka penannya akan mengajukan pertanyaan baru di luar daftar tersebut.

Angket mempunyai keuntungan lain bila dibandingkan dengan wawancara, yaitu secara kuantitatif peniliti dapat memperoleh data yang cukup banyak, yang tersebar secara merata dalam wilayah yang akan disilidiki.

Antara wawancara dan Angket terdapat keuntungan dan kekurangan masing- masing. Pada wawancara hasil yang diperolah secara kuantitatif dapat dipertanggungjawabkan, mempunyai nilai yang tinggi. Semua kesalahan- paham dapat dihindari. Pertanyaan – pertanyaan yang disiapkan dapat dijawab oleh informasi dengan penjelasan-penjelasan tambahan, setiap pertanyaan dapat dipertimbangkan lebih lanjut dalam wawancara. Tetapi di pihak lain wawancara mempunyai kelemahan tertentu yaitu data atau informasi yang dikumpulkan sangat terbatas.

  1. Observasi dan penelitian lapangan

Observasi adalah pengamatan langsung pada suatu obyek yang akan diteliti. Sedangkan penelitian lapangan adalah usaha pengumpulan data dan informasi secara intensif disertai analisis dan pengujian kembali atas semua data yang telah dikumpulkan. Perbedaan keduanya terletak pada waktu pemerolehan data, dimana observasi dapat dilakukan dalam suatu waktu yang relative singkat sementara penelitian lapangan memerlukan waktu yang lebih panjang.

Keuntungan observasi dan penelitian lapangan adalah.

1)   Data yang diperoleh adalah data yang segar.

2)   Data yang dikumpulkan melalui observasi dan penelitian langsung cenderung mempunyai keandalaman yang tinggi.

3)   Keabsahan alat ukur dapat diketahui secara langsung.

Kerugian observasi adalah:

1)   Untuk memperoleh data yang diharapkan, maka pengamat harus menunggu dan mengamati sampai tingkah laku yang diharapkan terjadi.

2)   Beberapa tingkah laku, bahkan bisa membahayakan jika diamati.

  1. Tes

Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intelegesi, kemapuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok.

Ditinjau dari sasaran atau obyek yang akan dievaluasi, ada beberapa macam tes dan alat ukur.

  • Tes kepribadian, yaitu tes yang digunakan untuk mengungkap kepribadian seseorang, seperti kreativitas, disiplin, kemampuan khusus, dan sebagainya.
  • Tes bakat, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur atau mengetahui bakat seseorang.
  • Tes intelegasi, yaitu tes yang digunakan untuk mengadakan estimasi atau perkiraan terhadap tingkat intelektual seseorang dengan cara memberikan berbagai tugas kepada orang yang diukur intelegasinya.
  • Tes sikap, yaitu alat yang digunakan untuk mengadakan pengukuran terhadap berbagai sikap seseorang.
  • Tes minat, yaitu tes yang digunakan untuk menggali minat seseorang terhadap sesuatu.
  • Tes prestasi, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur pencapaian seseorang setelah mempelajari sesuatu.
  1. Dokumen

Data dalam penelitian kualitatis kebanyakan diperoleh dari sumber manusia atau human resources, melalui observasi dan wawancara. Sumber lain yang bukan dari manusia (non-human resources), diantaranya dokumen, foto dan bahan statistik. Dokumen terdiri dari berupa buku harian, notula rapat, laporan berkala, jadwal kegiatan, surat-surat resmi, dan sebagainya.

Kutipan

Kutipan, yaitu sebuah kata yang mungkin semua orang belum mengetahui maksudnya. Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, majalah, buku, internet, dan sebagainya. Kutipan memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Landasan teori
  2. Penguat pendapat penulis
  3. Penjelasan suatu uraian
  4. Bahan bukti untuk menunjang pendapat itu

Berdasarkan fungsi di atas seorang penulis harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Penulis mempertimbangkan bahwa kutipan itu perlu
  2. Penulis bertanggungjawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan
  3. Kutipan dapat terkait dengan penemuan teori
  4. Jangan terlalu banyak mempergunakan kutipan langsung
  5. Penulis mempertimbangkan jenis kutipan, kutipan langsung atau kutipan tak langsung
  6. Perhatikan teknik penulisan kutipan dna kaitannya dengan sumber rujukan

Kutipan dibagi menjadi

  • Kutipan langsung adalah pinjaman kalimat atau pendapat seorang pengarang/pembicara/orang terkenal yang diambil secara lengkap (perkata atau perkalimat) dari sumbernya.

Contoh :

“Kemajuan teknologi memang sangat penting untuk kehidupan manusia jaman sekarang. Karena teknologi adalah salah satu penunjang kemajuan manusia.” (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 20012, Hal. 2)

  • Kutipan tidak langsung adalah pinjaman kalimat atau pendapat seorang pengarang/pembicara/orang terkenal yang diambil intinya saja.

Contoh :

Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang. Hingga menciptakan obyek-obyek, teknik yang dapat membantu manusia dalam pengerjaan sesuatu lebih efisien dan cepat. (Aling Indra, Kemajuan Teknologi, 20012, Hal. 4)

Sumber :

http://risa-asmaul-husna.blogspot.com/2012/10/makalah-pengumpula-data-dan-kutipan.html

http://taufikhidayat93.blogspot.com/2012/11/pengumpulan-data-dan-kutipan.html

http://internasionale.blogspot.com/2012/01/pengertian-kutipanjenis-dan-contohnya.html

http://gerryghost.wordpress.com/2013/03/22/kutipan-langsung-dan-tidak-langsung/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: