Contoh Kalimat Induktif dan deduktif

tugas 2 softskill bahasa indonesia

Contoh Induktif

Konser SMTOWN Tembus Satu Juta Penonton

Konser para artis-artis manajemen SM Entertainment, SMTOWN mendapatkan rekor baru. Lewat gelaran terbarunya ‘SMTOWN Live World Tour IV’ yang digelar di Tokyo akhir pekan lalu, konser ini telah menembus rekor 1 juta penonton.

Konser SMTOWN digelar manajemen SM Entertainment sejak tahun 2008. Tidak hanya sukses di Korea Selatan dan Asia saja, konser yang dihadiri oleh Super Junior tersebut juga meledak di pasar Eropa dan Amerika.

SMTOWN merupakan konser gabungan manajemen Korea pertama yang digelar di Paris. Konser ini juga menjadi gelaran konser penyanyi Asia pertama di Madison Square Garden, New York.

Lewat dua hari perhelatan konser di Tokyo pada 4 dan 5 Oktober akhir pekan lalu, penonton konser SMTOWN telah menembus angka 1.014.000 orang. Kangta, BoA, TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), EXO, Red Velvet, Henry dan Zhoumi (Super Junior-M), J-Min dan SM ROOKIES tampil dalam dua hari konser di Ajinomoto Stadium.

‘SMTOWN Live World Tour IV’ di Tokyo ditonton oleh 120 ribu fans di Ajinomoto Stadium. Sementara 600 ribu penonton lainnya menyaksikannya lewat 135 layar bioskop di seantero Jepang.

Sumber    :     http://hot.detik.com/music/read/2014/10/06/103932/2710465/1180/konser-smtown-tembus-satu-juta-penonton?h9911051180

artikel di atas adalah paragraf induktif karena pada akhir kalimat terdapat kalimat utama dari artikel tersebut

contoh Deduktif

PENTINGNYA KESEHATAN BAGI TUBUH KITA

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu kita tidak boleh meremehkan kesehatan badan kita.

Banyak orang memiliki berbagai keluhan kesehatan akibat tidak memperdulikan kesehatan tubuhnya baik itu keluhan yang ringan hingga keluhan yang berat seperti: kegemukan, diabetes, penyakit jantung, masalah pencernaan, dan sebagainya.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya adalah: Olah raga, mengkonsumsi makanan bergizi, mengkonsumsi buah-buahan secara teratur, istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak.

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi maka tubuh kita tidak akan mudah terserang penyakit, dimana berbagai makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi tersebut dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh kita khususnya pada bagian hati.

Mari kita membiasakan menjaga kesehatan badan kita sehari-hari, supaya kita memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

Sumber   :    http://rezaariefnur.blogspot.com/2013/02/pentingnya-kesehatan-bagi-tubuh-kita.html

artikel di atas adalah contoh kalimat deduktif karena kalimat utama terdapat pada awal paragraf..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: