RUMAH SUSUN Rp 15 Miliar, Dana Pembangunan Rusun Khusus Buruh

SURABAYA, KOMPAS.com — Tahun ini Kementerian Perumahan Rakyat akan membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) khusus buruh di Jawa Timur. Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, semuanya sudah siap dan segera direalisasikan.
Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengungkapkan hal itu seusai bertemu Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/3/2013). Dia menjelaskan, realisasi rusunawa khusus buruh ini tidak lepas dari sikap responsif Gubernur.
“Saya telepon Gubernur dan menyampaikan program pembuatan rusunawa dan meminta disiapkan tanah untuk lokasi. Gubernur langsung menyediakan empat hektar tanah,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur Gentur Prihantono menjelaskan, pihaknya menyiapkan lahan di kawasan Sumur Welut, Surabaya.
“Kami sengaja menempatkan rusunawa khusus buruh di kawasan Sumur Welut karena lokasinya menjadi salah satu titik kawasan industri,” ujarnya.
Dia menambahkan bahwa tahun ini pemerintah sudah mulai memasang tiang pancang pertama dan membangun enam twin block.
“Konsepnya nanti per kamar bisa diisi sampai empat buruh, dan bukan untuk keluarga. Mereka bisa membayar dengan cara menyewa. Untuk sementara belum ada ketentuan nilai sewa per kamarnya karena akan dibahas lebih lanjut,” ucapnya.
Dia berharap pembangunan cepat selesai dan buruh bisa segera menempati rusunawa dengan uang sewa yang terjangkau.
“Anggaran per blok mencapai Rp 15 miliar. Pemprov Jatim tidak mengeluarkan dana sedikit pun karena semuanya menggunakan anggaran dari pemerintah pusat,” katanya
 
 
KOMENTAR
 
Nita Nopri / 25212354 / 1EB23
Jika pembangunan rusun ini berjalan dengan lancar dan tidak ada penyalah gunaan dana dalam pembuatannya rusun ini akan menjadi salah satu keringanan untuk para buruh disana. Tapi jika pembangunan ini disalah gunakan dalam proses pembuatannya lebih baik jangan di lakukan pembuatan rusun ini.
 
Rifanny Dwi Handini / 1EB23 / 26212332
Dengan dibuat nya pembangunan rusun didaerah tersebut saya rasa itu akan lebih meringankan beban materi para buruh,asalkan pembangunan tersebut dijalankan sesuai dengan aturan yg ada dan adanya sikap jujur terhadap pembangunan rusun tersebut.
 
Erika Untung S. / 1EB23 / 22212533
Jika Kementerian Perumahan Rakyat jadi membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) khusus buruh di Jawa Timur segera dapat direalisasikan diharapkan dapat ditempati dengan harga sewa yang semurah mungkin. Dan dibangun untuk tidak disalahgunakan, dan pembangunan rusunwa tidak untuk dijadikan alat untuk mengKorupsi.
 
Canya Pramesthi Rastha M. / 1EB23 / 21212552
Pembangunan rusun untuk pegawai nantinya akan dapat membantu pegawai dalam menghemat biaya transportasi . Dengan adanya fasilitas rusun diharapkan dapat meningkatkan daya kerja pegawai sehingga hasil akan menjadi optimal . Selain itu tempat yang strategis juga dapat mengoptimalkan pembangunan rusun .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: