KIMIA FARMA

Image

A.SRTUKTUR ORGANISASI KIMIA FARMA

Image

B.SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)

Dalam menjalankan operasional perusahaan, manajemen menyadari bahwa peranan SDM sangat penting. Strategi manajemen untuk menggali kemampuan karyawan dengan mengalokasikan dana setiap tahunnya untuk program pengembangan SDM seperti mengikuti program pelatihan , seminar , workshop.

Pengembangan SDM di Kimia Farma yang sudah berjalan adalah program mengikuti pelatihan , seminar , dan workshop di dalam negeri maupun di luar negeri dan setiap tahunnya perusahaan juga mengirim karyawan untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi maupun universitas untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan karyawan, selain mendapatkan 13 bulan gaji karyawan juga mendapatkan bonus, insentif, dan asuransi.

Kimia Farma menerapkan system berbasis kelayakan dan kemampuan dalam menempatkan jabatan karyawan agar perusahaan dapat memastikan integritas dan komitmen yang tinggi dari karyawan .

Jumlah karyawan per 2012 sebanyak 5.508 orang antara lain :

  1. Usia 20 – 25 tahun            : 333
  2. Usia 26 – 30 tahun            : 738
  3. Usia 31 – 35 tahun            : 795
  4. Usia 36 – 40 tahun            : 778
  5. Usia 41 – 45 tahun            : 884
  6. Usia 46 – 50 tahun            : 1169

C.PRODUK KIMIA FARMA

Saat ini Kimia Farma memproduksi sebanyak 385 item produk dengan rincian :

1.  Obat Generik Berlogo (OGB)       169 produk

2.  Obat Bebas/OTC                             19 produk

3.  Obat Herbal                                     26 produk

4.  Kosmetik                                         30 produk

5.  Obat Etikal                                      79 produk

6.  Obat Anti Retroviral (ARV)             7 produk

7.  Narkotika                                         12 produk

8.  Kontrasepsi                                        7 produk

9.  Bahan Baku                                     36 produk

D.MARKETING

PEMASARAN

PT Kimia Farma (Persero) Tbk memproduksi produk produk farmasi baik obat kimia maupun obat herbal . Hampir semua jenis kelas terapi obat telah ter akomodasi oleh produk Kimia Farma, yang terdiri lebih dari 300 jenis produk. Produkproduk tersebut tidak hanya dipasarkan ke seluruh Indonesia tapi juga di ekspor ke beberapa negara. Didukung oleh tenaga pemasaran profesional untuk memasarkan produk. Sedangkan untuk produk berlisensi aktifitas pemasaran dilakukan oleh tim pemasaran khusus. Pendistribusian produk berlisensi ke seluruh Indonesia melalui jaring an distribusi yang dimiliki oleh Kimia Farma, perusahaan juga menun juk beberapa sub distributor untuk mendistribusikan produk Kimia Farma

EKSPOR

Dalam rangka menyambut pasar bebas dan AFTA, dalam memasarkan produkproduknya Kimia Farma tidak hanya melakukan pemasaran di dalam negeri saja, namun juga melakukan ekspor guna memenuhi per mintaan obat obat etikal, generik dan OTC khususnya Asia, Eropa dan Afrika dengan bekerjasama (partner) dengan perusahaan lokal di negara tersebut. DISTRIBUSI Dengan didukung oleh 43 cabang distribusi, anak perusahaan PT. KFTD mendistribusikan obatobatan yang dipro duksi oleh perseroan dan yang diproduksi oleh pihak ketiga keseluruh Indonesia. Pada Januari 2003 unit distribusi dibentuk sebagai anak perusahaan yang diberi nama PT. Kimia Farma Trading & Distribution. Jaringan distribusi ini melayani lebih dari 31 prinsipal yang menjadi rekanan. Untuk memenuhi kebutuhan sekitar lebih dari 14.500 Apotek, 1.000 pedagang besar farmasi, 17.000 toko obat, 2.300 rumah sakit, dan 3.000 pasar modern. Unit Distribusi juga secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan pemerintah untuk memasok obat obat an. Dalam operasinya, unit ini didukung oleh fasilitas ruang penyimpanan yang besar dan peralatan yang efisien, termasuk alat transportasi yang terintegrasi dan system informasi untuk memastikan distribusi secara efisien

cr:kimiafarma.tbk

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: